Saturday, May 10, 2008

Konferensi HIDESI 2008



Pengurus Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI) kembali mengadakan Seminar Ilmiah berkaitan dengan bidang Etika. Pada tahun 2008 ini, HIDESI mengangkat tema "Dialog Etika dengan Isu Global".

Acara ini diselenggarakan pada 25-26 Januari 2008, bertempat di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi "Widya Sasana" Malang, dengan dukungan dari Pusat Pengembangan Etika (PPE) Unika Atma Jaya Jakarta, Yayasan Kota Kita, dan STFT Widya Sasana Malang.

Seminar HIDESI 2008 menghadirkan pembicara antara lain:

  1. Prof. Dr. Alois Agus Nugroho (Guru Besar Unika Atma Jaya Jakarta) dengan makalah "Pandangan Manuel Velasquez Mengenai Masalah Korupsi dalam Bisni Global"
  2. A. Soegihartono, M.M. dengan makalah "Etika Bisnis pada Era Global"
  3. Dr. dr. Rudy Hartanto, M.Fils. (Dosen FK Usakti Jakarta) dengan makalah "Etika disekitar Perawatan Lansia"
  4. Dr. Irmayanti Meliono Budianto, M.Si. (Ketua Departemen Kewilayahan FIB UI & Ketua HIDESI) dengan makalah "Kepedulian Etis Manusia terhadap Lingkungan"
  5. dr. Sintak Gunawan, MA. (Dosen FK Unika Atmaja Jakarta & staf PPE Atma Jaya) dengan makalah :Evidence Based Medicane dan Keputusan Klinis yang Baik"
  6. Dr. Dri Arbaningsih, M.Fils. dengan makalah "Sebuah Kajian tentang Tindakan Pengambilan Keputusan dalam Etika Terapan dan Keutamaan Dharma"
  7. Achmad Charris Zubair, M.Hum. (Dosen Filsafat UGM) dengan makalah "Pandangan Hidup Jawa yang terdapat dalam Serat Jatipusaka Makutha Raja"
  8. Dr. FX. Armada Riyanto (Ketua STFT Widya Sasana Malang) dengan makalah "Lolos dari Terkaman Batara Kala"

Acara ini dibuka oleh Ketua HIDESI Dr. Irmayanti M Budianto, M.Si. dan Ketua STFT Widya Sasana Malang Dr. FX. Armada Riyanto. Hadir dalam seminar ini sesepuh HIDESI yaitu Prof. Dr. Franz Magnis Suseno dan Prof. Dr. Kees Bertens, anggota HIDESI dari seluruh Indonesia, dosen serta peminat bidang Etika.

No comments: