Wednesday, April 23, 2008

Seminar Kuliner Bangsa-Bangsa



Departemen Kewilayahan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) di dukung Yayasan Kota Kita, menyelenggarakan Seminar Kuliner Bangsa-Bangsa dan Pagelaran Makanan dengan tema "Makanan dan Identitas Budaya" pada tanggal 6 Desember 2007, bertempat di Auditorium Gd. IV FIB UI.

Seminar dibuka oleh Dekan FIB UI, Prof.Dr. Ida Sundari Husen dengan terlebih dahulu Sambutan dari Ketua Departemen Kewilayahan Ibu Dr.Irmayanti Meliono Budianto.

Dalam Seminar Kuliner Bangsa-Bangsa menghadirkan para pembicara, antaralain:
  1. Hiang Marahimin dengan pemaparan tentang Literatur Kuliner: Sebuah Catatan Singkat;
  2. Prof. Dr. Parwatri Wahjono, dengan makalah Nilai Filosofis Makanan Tradisional dalam Kaitannya dengan Adat Istiadat Jawa;
  3. Ike Iswari Lawanda, M.Si, dengan makalah Makna Beras Bagi Orang Jepang: Antara Tradisi - Globalisasi;
  4. Achmad Sunjayadi, M.Hum, dengan makalah Bagai Sayur Kurang Garam: Kisah Garam di Nusantara;
  5. Luis Mateos Paramio, dengan pemaparan Spanish Cooking;
  6. S.M. Gietty Tambunan, dengan makalah The Symbolical Meaning of Spices: An Analysis of A Movie "The Mistress of Spices" From The Femenist and Postcolonial Perspective;
  7. Maria Emilia Irmler, dengan pemaparan tentang Origin And Tradition On The Portuguese Cuisine.

Selain seminar, digelar pula aneka makanan dari berbagai bangsa. Stand Makanan tersebut digelar oleh beberapa Program Studi yang ada di FIB. Beberapa Stand menggelar makanan seperti makanan ala Nusantara, Jepang, Korea, Portugis, Prancis, dan sebagainya.

No comments: